Thursday, February 6, 2014

USG

Pencitraan USG, juga disebut ultrasound scanning atau sonografi adalah merupakan metode untuk memperoleh gambar dari dalam tubuh manusia melalui penggunaan frekuensi tinggi gelombang suara.Gelombang gema suara yang dipantulkan dicatat dan ditampilkan sebagai gambar real-time visual. Tidak ada radiasi pengion (x-ray) yang terlibat dalam pencitraan USG.
USG termasuk cara yang berguna untuk memeriksa banyak organ tubuh, namun tidak terbatas pada jantung, hati, kandung empedu, limpa, pankreas, ginjal dan kandung kemih. Karena gambar USG ditangkap dalam waktu nyata, mereka dapat menunjukkan pergerakan jaringan internal dan organ-organ dan memungkinkan dokter untuk melihat gerakan darah.

Apa Manfaat & Risiko ?

MANFAAT
  • Pemindaian USG invasif (tidak ada jarum atau suntikan dalam banyak kasus) dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.
  • USG tersedia secara luas dan mudah digunakan.
  • USG tidak menggunakan radiasi pengion dan merupakan modalitas citra yang lebih disukai untuk diagnosis dan pemantauan ibu hamil dan bayi yang belum lahir mereka.
  • USG menyediakan real-time imaging, membuatnya menjadi alat yang baik untuk membimbing prosedur minimal invasif seperti biopsi jarum.
  • USG gambar dapat memvisualisasikan struktur, gerakan dan fungsi hidup di organ-organ tubuh dan pembuluh darah.
RISIKO
  • Untuk USG diagnostik standar tidak ada efek berbahaya yang dikenal pada manusia.

Apa keterbatasan pencitraan USG umum?

USG memiliki kesulitan penembusan ke tulang dan karena itu hanya dapat melihat permukaan luar dari struktur tulang dan bukan apa yang terletak di dalam.
Gelombang ultrasound tidak melalui udara sehingga evaluasi dari lambung, usus kecil dan usus besar mungkin terbatas. Gas diusus juga dapat mencegah visualisasi struktur yang lebih dalam seperti pankreas dan aorta. Pasien yang menderita obesitas lebih sulit untuk melihat gambarnya karena jaringan tersebut melemahkan gelombang suara yang masuk ke dalam tubuh.

 http://www.mountmiriam.com

No comments:

Post a Comment