Thursday, February 6, 2014

PENGETAHUAN KANKER KOLOREKTAL

Usus besar terdiri dari usus besar dan rektum yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Hal ini memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk mengolah sampah. Usus besar membentuk lima sampai enam meter pertama dari bagian bawah usus besar, dan rektum (bagian belakang) membentuk enam inci terakhir, berakhir di anus.
Kanker kolorektal adalah kanker usus besar. Kanker dimulai pada lapisan terdalam (lapisan) dari dinding usus. Kanker usus Sebagian besar waktu 5 sampai 10 tahun untuk berkembang. Kebanyakan dimulai sebagai pertumbuhan kecil di dinding usus yang disebut polip atau adenoma. Jika tidak diobati, beberapa dari mereka dapat menjadi kanker dan tumbuh ke dalam lapisan otot di bawah lapisan dan kemudian melalui dinding usus. Hal ini kemudian dapat menyebar ke organ-organ yang dekat dengan usus, seperti kandung kemih, rahim, dan kelenjar prostat, atau organ jauh seperti hati dan paru-paru.

Seberapa umumnya kolorektal Kanker di Malaysia?

Insiden kanker kolorektal telah meningkat di Malaysia. Menurut laporan National Cancer terdaftar, kanker kolorektal adalah kanker paling umum 2 di Malaysia setelah kanker payudara. Ini juga merupakan kanker ke 2 yang paling umum untuk laki- laki dan ke 3 paling umum untuk perempuan di negara Malaysia.
Jauh lebih sedikit laki-laki daripada perempuan terdiagnosa menderita kanker kolorektal di Malaysia dan risiko terkena kanker meningkat secara eksponensial setelah usia 40. Malaysia suku Cina memiliki insiden tertinggi memiliki kanker yaitu (59,8%), diikuti oleh Melayu (34,6%) dan India (5,6%).

Apa faktor-faktor penyebab dan risiko kanker kolorektal?

Penelitian telah mengidentifikasi sejumlah faktor risiko yang meningkatkan kesempatan seseorang mengembangkan kanker kolorektal. Memiliki satu atau lebih faktor risiko tidak berarti bahwa orang tersebut pasti akan mendapatkan kanker dan tidak memiliki faktor risiko tidak berarti bahwa orang tersebut akan aman dari kanker.
  • Lanjut Usia : Lebih dari 90% dari kasus kanker kolorektal di Malaysia terjadi pada orang berusia di atas 40.
  • Polip: Kolorektal sering berkembang dari polip atau adenoma. Mereka adalah non-kanker pertumbuhan terjadi pada lapisan usus besar. Namun jenis tertentu dari polip bisa tumbuh menjadi kanker jika mereka tidak diobati.
  • Riwayat keluarga / keturunan : kanker kolorektal umumnya sering terdapat pada orang yg lanjut usia/ tua , saudara kandung, atau anak-anak memiliki kanker kolorektal, terutama jika anggota keluarga didiagnosa dengan kanker kolorektal sebelum usia 60.
  • Mewarisi kondisi tertentu: misalnya FAP (familial adenomatosa poliposis) dan HNPCC (herediter non-polyposis Kanker Kolorektal).
  • Sejarah Pribadi Penyakit inflamasi usus: seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohn, dapat menyebabkan peradangan kronis dari usus dan karenanya meningkatkan risiko mengembangkan kanker kolorektal.
  • Riwayat kanker pribadi: Orang dengan riwayat pribadi kanker kolorektal dan wanita yang memiliki kanker ovarium, rahim atau payudara lebih mungkin mengembangkan kanker kolorektal.
  • Diet: Diet kaya yang mana sering komsumsi daging merah dan rendah serat, buah-buahan dan sayuran juga berkaitan dengan perkembangan kanker.
  • Komsumsi Alkohol : Hasil gabungan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa seseorang memiliki peningkatan 15% risiko kanker usus jika dia / dia minum lebih dari 12,5 unit alkohol seminggu rata-rata. Risiko meningkat lebih lanjut jika dia / dia minum lebih dari ini.
  • Merokok: Merokok meningkatkan risiko pembentukan polip. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa perokok lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker kolorektal dibandingkan yang bukan perokok.
  • Berat badan dan aktivitas fisik: Orang dengan gaya hidup (tidak ada olahraga teratur dan banyak duduk) dan orang-orang yang kelebihan berat badan mungkin memiliki peningkatan risiko kanker kolorektal.

Apa saja gejala dan tanda-tanda?

Seseorang dengan kanker kolorektal mungkin memiliki gejala berikut dan tanda-tanda:
  • Pendarahan dari bagian belakang (dubur) atau darah pada buang air besar.
  • Perubahan pada kebiasaan buang air besar yang normal terhadap diare atau sembelit yang berlangsung lebih dari 6 minggu
  • Sebuah perasaan bahwa usus tidak sepenuhnya kosong
  • Kotoran yang terlihat sempit atau lebih tipis dari normal
  • Ketidaknyamanan dalam perut, termasuk nyeri gas, kepenuhan kembung, dan kram
  • Sebuah benjolan di sisi kanan perut atau rektum
  • Penurunan berat badan yang tidak dapat di jelaskan
  • Anemia (tingkat rendah sel darah merah)
Namun, gejala dan tanda-tanda diatas mungkin disebabkan oleh penyakit lain yang sering kurang serius, tapi lebih umum dari kanker kolorektal. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa dengan dokter anda.

Bagaimana Kanker kolorektal didiagnosis?

  • Mengetahui riwayat medis lengkap kesehatan umum orang tua anda baik penyakit masa lalu dan perawatanya.
  • Pemeriksaan fisik umum pasien keseluruhan untuk memeriksa tanda-tanda umum kesehatan dan penyakit.
  • Pemeriksaan test digital dubur: Dokter memasukkan jari, dilumasi bersarung ke dalam rektum untuk merasakan benjolan atau hal lain yang tampaknya tidak biasanya.
  • Barium enema: Serangkaian x-ray dari usus besar. Suatu cairan yang mengandung barium dimasukkan ke dalam rektum. Mantel barium usus besar dan x-ray diambil.
  • Sigmoidoskopi: Suatu prosedur untuk melihat ke dalam rektum dan sigmoid (lebih rendah) untuk polip usus besar, daerah yang abnormal, atau kanker. Sigmoidoscope adalah, tipis seperti tabung instrumen dengan cahaya dan lensa untuk melihat. Hal ini juga mungkin memiliki alat untuk menghilangkan polip atau contoh jaringan, yang diperiksa di bawah mikroskop untuk tanda-tanda kanker.
  • Colonoscopy: Suatu prosedur untuk melihat ke dalam rektum dan usus besar untuk polip, daerah abnormal, atau kanker. Kolonoskop adalah, tipis seperti tabung instrumen dengan cahaya dan lensa untuk melihat. Hal ini juga mungkin memiliki alat untuk menghilangkan polip atau contoh jaringan, yang diperiksa di bawah mikroskop untuk tanda-tanda kanker.
  • Virtual colonoscopy: Sebuah prosedur yang menggunakan serangkaian x-ray disebut CT scan untuk membuat serangkaian gambar dari usus besar. Sebuah komputer menempatkan gambar bersama-sama untuk membuat gambar rinci yang dapat menunjukkan polip, kanker dan hal lain yang tampaknya tidak biasa pada permukaan bagian dalam usus besar.
  • Biopsi dari setiap daerah abnormal atau benjolan: Penghapusan sel atau jaringan sehingga mereka dapat dilihat di bawah mikroskop oleh seorang ahli patologi untuk memeriksa tanda-tanda kanker. Ini adalah tes hanya tersedia untuk mengkonfirmasi apakah pasien menderita kanker atau tidak.

Tahapan kanker kolorektal - Apakah penting untuk tahu?

Tahapan kanker menggambarkan luasnya penyebaran kanker. Hal ini penting karena prognosis (hasil) dan pengobatan kanker akan tergantung pada stadium kanker.
Stadium 0 kanker sangat dini. Hal ini ditemukan hanya pada lapisan terdalam dari usus besar atau rektum.
Stadium I Kanker melibatkan lebih dari dinding bagian dalam usus besar atau rektum.
Stadium II Kanker telah menyebar melalui dinding usus dan dapat menyerang jaringan di dekatnya dari usus besar atau rektum tetapi tidak ke kelenjar getah bening.
Stadium III Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening terdekat tetapi tidak ke bagian lain dari tubuh.
Stadium IV Kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti hati dan / atau paru-paru dll
Berbagai penyelidikan dapat digunakan untuk menilai sejauh mana penyebaran kanker, ini termasuk, dada x-ray, USG perut, CT scan, PET-CT scan dan laporan patologi dari operasi usus.

Pilihan pengobatan kanker kolorektal - Apakah satu rezim cocok untuk semua?

Pengobatan kanker kolorektal mungkin berbeda dari satu orang ke orang lain, hal ini karena beberapa faktor seperti di bawah ini perlu dipertimbangkan sebelum rencana pengobatan kanker yang ditawarkan kepada pasien.
  • Lokasi (situs) dari kanker usus besar
  • Stadiumnya (penampakan sel-sel kanker di bawah mikroskop) dan Tahap kanker
  • Kondisi fisik pasien dan preferensi
  • Mendasari masalah medis
  • Biaya dan ketersediaan pengobatan

Pilihan pengobatan kanker kolorektal meliputi Bedah, Terapi obat (Kemoterapi dan target terapi) dan Radioterapi. Kombinasi pengobatan ini sering digunakan dalam rangka meningkatkan kemungkinan kanker dikendalikan dan disembuhkan.
Secara umum, Tahap I sampai III untuk kanker kolorektal , berpotensi dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Stadium IV kanker biasanya tidak dapat disembuhkan tetapi perawatan dapat membantu meredakan gejala kanker terkait dan meningkatkan harapan hidup.

Tahap 0 Usus Besar atau Kanker Rektal (Kanker in situ)

Pengobatan biasanya dengan polypectomy sederhana selama kolonoskopi. Tidak ada operasi tambahan kecuali polip tidak dapat sepenuhnya dihapus oleh polypectomy.

Tahap 1 Usus Besar atau Kanker rektum

Operasi pengangkatan kanker dan kelenjar getah bening terdekat biasanya pengobatan hanya diperlukan.

Tahap II dan III Kanker Usus Besar ( Colon)

Pengobatan standar adalah operasi pengangkatan kanker dan kelenjar getah bening di dekatnya. Pasca-operasi (ajuvan) kemoterapi kemudian akan dipertimbangkan pada beberapa pasien kanker Tahap II memiliki dengan fitur berisiko tinggi yang akan memprediksi kesempatan yang lebih tinggi kanker kembali dan juga semua pasien kanker memiliki stadium III. Radioterapi sebelum atau setelah operasi biasanya tidak cocok untuk pasien dengan kanker usus besar.

Tahap II dan III Rektum Kanker

Jika kanker rektum dapat sepenuhnya dihilangkan dengan margin bedah yang jelas (yaitu tidak meninggalkan bekas jaringan kanker setelah operasi) maka pengobatan standar, operasi diikuti dengan pasca-operasi (ajuvan) kemoterapi seperti pada pasien dengan kanker usus besar yang sama tahap.
Radioterapi atau bersamaan kemo-radioterapi dapat dipertimbangkan setelah operasi jika pasien memiliki margin bedah dekat atau yang terlibat,
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa radioterapi atau kemoterapi secara bersamaan-radioterapi diberikan sebelum operasi lebih unggul daripada setelah operasi, asalkan tingkat pengendalian kanker dan efek samping pengobatan yang bersangkutan.

Tahap IV Usus Besar atau Kanker rektum

Pada kanker stadium IV, biasanya tidak dianjurkan bahwa pasien menjalani operasi untuk mengangkat kanker utama dalam kolon atau rektum kecuali kanker menyebabkan masalah fisik, seperti perdarahan, perforasi / pecah dinding usus atau penyumbatan di perut.
Pengobatan standar termasuk kemoterapi dengan atau tanpa pengobatan yang ditargetkan (misalnya Bevacizumab, cetuximab).
Jika memungkinkan, operasi untuk mengangkat metastasis (daerah dimana kanker telah menyebar) juga dapat dilakukan. Umumnya, operasi tersebut mungkin dapat di lakukan jika ada sejumlah kanker di tempat terbatas atau telah menyebar.

 http://www.mountmiriam.com

No comments:

Post a Comment