Thursday, February 6, 2014

MEMAHAMI KANKER YUUU....

Kesehatan yang baik menarik semua perhatian kita. Artikel ini menguraikan beberapa fakta dasar tentang kanker, secara umum dan peran penting dari deteksi dini dan pengobatan dini untuk menyembuhkan kanker, khususnya. Efek yang serius pada kesehatan seseorang jika kanker tidak diobati juga disorot.

Pendahuluan - Apa itu Kanker?

'Kanker' telah menjadi kata yang tabu dalam masyarakat kita selama bertahun-tahun. Untuk banyak orang 'kanker' kata yang sangat sering menyebabkan kekhawatiran dan ketakutan. Hal ini mungkin berkaitan dengan pengalaman pribadi langsung dengan keluarga atau teman, atau pandangan buruk . Diagnosis kanker sering dianggap sebagai hukuman mati. Namun, banyak orang yang sembuh dari kanker, orang lain terus menjalani hidup yang aktif dan penuh, bahkan jika mereka tidak selesai disembuhkan, dalam beberapa hal lambat tumbuh sementara di lain kemajuan pesat menuju kematian. Karena ada variabilitas yang besar antara kanker, kanker seseorang tidak dapat dibandingkan dengan orang lain.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia sepertiga dari kanker dapat dicegah, salah satu sepertiga dapat disembuhkan, jika terdeteksi dini, dan sisanya satu-ketiga akan memerlukan terapi paliatif karena tahap akhir pada presentasi.
Kanker bukanlah penyakit tunggal. Kanker hanyalah sebuah kata yang mengacu pada sekelompok penyakit yang memiliki penyebab yang berbeda, diperlakukan dengan berbagai cara dan yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia setiap tahun.
Tubuh kita terdiri dari lebih dari seratus jenis sel. Jadi, karena salah satu jenis sel yang berbeda mungkin menjadi abnormal, ini berarti bahwa ada lebih dari seratus jenis kanker yang berbeda.
Penyebab kanker adalah kompleks dan terletak jauh di dalam inti sel mana informasi genetik disimpan sebagai DNA. Kerusakan DNA dapat menyebabkan kanker di mana pertumbuhan sel tidak lagi teratur dan terkontrol tetapi destruktif. Kanker Kata dijelaskan suatu penyakit yang terjadi ketika seseorang dari sel-sel tubuh mulai berperilaku dalam cara yang tidak terkendali tumbuh dan menghancurkan jaringan tubuh, bukan membangun dan memperbaiki.

Tantangan Medis

Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa populasi dunia akan tumbuh lebih dari enam miliar pada tahun 2005 dan bahwa lima belas juta pasien kanker baru diharapkan setiap tahunnya, dibandingkan dengan 9 juta penderita kanker baru pada tahun 1985. Dari jumlah tersebut lima belas juta, lima juta akan di negara maju dan sepuluh juta di negara-negara berkembang.
Untuk pertama kalinya, lebih dari satu juta orang Amerika didiagnosis memiliki kanker pada tahun 1989. Dua tahun kemudian, pada tahun 1991, jumlah penderita kanker baru di Amerika Serikat telah meningkat menjadi 1,1 juta.
Lima tahun kemudian pada tahun 1995, jumlah pasien kanker baru meningkat menjadi 1,25 juta.
Penyakit empat paling umum di Amerika Serikat adalah Kanker kolon (usus besar), Kanker Paru, Payudara dan Prostat.
Keempat jumlah penyakit untuk 56 % dari semua pasien yang baru di diagnosis di Amerika Serikat.
Kami telah mengalami peningkatan serupa dalam jumlah penderita kanker baru di Rumah Sakit Kanker Mount Miriam Penang. Misalnya, pasien baru 1068 dirujuk untuk pengobatan pada tahun 1996 dibandingkan dengan 945 pasien pada tahun 1995, menunjukkan tiga belas persen (13%) meningkat setiap tahunnya.

Stadium Penyakit

Pada tahap awal, dasar atau sisa kanker (ganas) tumor umumnya berada di letak semulanya, Ini disebut penyakit lokal. Seperti kanker terus berkembang mereka lebih cenderung untuk menyebar atau metastase ke kelenjar getah bening di dalam tubuh ini disebut penyakit daerah. Ketika kanker menyebar lebih jauh di luar kelenjar getah bening, ke organ lain hal itu disebut metastasis jauh. Semakin lanjut atau menyebar kanker tersebut, semakin sulit untuk di control atau di sembuhkan.
Stadium / tahapan penyakit ini penting di karenakan beberapa alasan :
  • Untuk membantu Radiotherapist dalam perencanaan pengobatan.
  • Untuk memberikan beberapa indikasi prognosis.
  • Untuk membantu dalam mengevaluasi hasil pengobatan.

Investigasi

Investigasi sangat penting dalam kanker untuk memastikan apakah atau tidak tumor telah menyebar ke bagian lain dari tubuh. Pengobatan yang diresepkan akan tergantung pada hasil penyelidikan.

Biopsi

Dokter umumnya tidaka dapat menjelasakan jika tumor itu apakah kanker atau tidak sampai biopsy di lakukan. Ini melibatkan Pengambilan sampel jaringan yang kecil, untuk analisis laboratorium. Biopsi juga digunakan untuk menentukan stadium tumour tersebut, untuk menunjukkan sejauh mana perkembangan penyakit, misalnya untuk tahap satu sampai tahap empat. Secara umum, semakin tinggi stadium kanker semakin sulit untuk mengobati.

Tes darah

Tes darah dan hasil dari tes ini membantu spesialis kanker untuk membuat diagnosis dan memutuskan metode terbaik pengobatan untuk setiap pasien.
Profil Tumor Marker darah juga dilakukan untuk tujuan diagnostik, dan untuk memantau dan menindaklanjuti status penyakit.

Pencitraan Diagnostik

Ultra-sound (USG), sinar-X dan scan digunakan untuk membuat disgnosis dan untuk mengevaluasi tahap penyakit. CAT scan dan MRI scan dapat mendeteksi tumor kecil misalnya di otak, paru-paru dan hati.
X-ray dan scan dilakukan setelah pengobatan selesai untuk menilai respon terhadap pengobatan yang diberikan dan untuk mendeteksi kekambuhan dini atau penyebaran penyakit.

Situs Umum Kanker

Seperti yang telah kita sebutkan, kanker dapat terjadi di bagian manapun dari tubuh.
Situs umum termasuk: payudara, paru-paru, Serviks, Colon, Perut dan nasofaring. Lima kanker yang paling umum (dari data rumah sakit kanker Mount Miriam adalah : Kanker Payudara, Kepala & Leher Kanker, Kanker Paru, Kanker Serviks dan Kanker Nasofaring.
Kelima jumlah Penyakit merupakan tujuh puluh dua persen (72%) dari semua pasien yang dirujuk dan dirawat di pusat kami.

Siapa yang bisa dapatkan kanker ?

Siapa saja. Kanker tidak mengenal batas-batas sosial ekonomi atau pendidikan. Ini mempengaruhi kaum muda dan tua, kaya dan miskin, laki-laki dan perempuan semuanya sama. Diketahui bahwa kejadian kanker meningkat dengan usia. Kebanyakan kasus kanker mempengaruhi orang dewasa di usia pertengahan atau lebih tua.

Pencegahan & Deteksi Dini Kanker

Mengurangkan Resiko Anda

Beberapa tumor dapat dicegah, misalnya 9 dari 10 kasus kanker paru-paru yang diketahui disebabkan oleh merokok.
Langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko kanker untuk Anda dan keluarga Anda dengan menghindar dan saran sebagai berikut :
  • Jangan Merokok : Ini adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Merokok adalah penyebab salah satu jenis yang paling umum dari kanker pada pria di Malaysia yakni, kanker Paru.
  • Diet Makanan yang sehat : Diet rendah lemak dan tinggi serat, buah-buahan segar dan sayuran dapat mengurangi risiko terkena beberapa kanker yang umum (seperti payudara, usus besar), dan bermanfaat untuk gaya hidup sehat secara umum.
  • Hindari jemuran sinar matahari : Hampir semua kasus kanker kulit adalah terkaitdengan matahari. Sebagian besar kanker kulit dapat disembuhkan dengan pengobatan radioterapi atau operasi.
  • Memiliki Pemeriksaan Medis Reguler : Kenali tubuh Anda dengan baik. cek bulanan untuk perubahan dalam cara tubuh Anda terlihat dan merasa dapat membantu deteksi dini kanker kulit, payudara, mulut dan testis. Hal ini dapat memiliki efek besar pada kesempatan Anda untuk penyembuhan secara sempurna.

Tanda atau gejala untuk diagnosa dini.

Deteksi dini sangat penting dalam keberhasilan perawatan kanker.
Tercantum di bawah ini adalah beberapa tanda-tanda peringatan awal kanker:

  • Perubahan pada kebiasaan buang air besar atau kandung kemih
  • Sakit tenggorokan persisten, batuk yang mengganggu atau suara serak
  • Biasa perdarahan atau debit
  • Sebuah benjolan atau penebalan pada payudara atau di manapun
  • Persistent pencernaan atau kesulitan menelan
  • Sakit Kerongkong yang berlanjutan dan tidak dapat sembuh
  • Jelas perubahan dalam ukuran atau pendarahan mol
  • Penurunan pendengaran dengan kebisingan di telinga yang sama
Gejala di atas mungkin karena penyakit ringan, tetapi dianjurkan untuk memeriksa dengan dokter keluarga Anda, jika Anda memiliki gejala-gejala, atau jika Anda memiliki perubahan dalam kesehatan umum Anda berlangsung lebih dari dua minggu.

Bagaimana Kanker Diobati?

Tujuan utama dari pengobatan kanker adalah untuk menyembuhkan penyakit. Jika obat tidak mungkin, maka tujuan pengobatan adalah untuk mencapai kontrol jangka panjang penyakit. Bagi mereka dengan stadium lanjut perawatan paliatif juga tersedia.
Kanker biasanya dirawat dengan operasi, radioterapi dan kemoterapi. Spesialis kanker menggabungkan perawatan untuk mencapai respon yang paling efektif untuk setiap pasien.

Operasi

Selama operasi tumor dan beberapa jaringan normal dari daerah sekitarnya dihapus selama operasi. Operasi juga membantu untuk meringankan gejala tertentu yang mungkin disebabkan oleh tumor, misalnya nyeri, tekanan.

Radioterapi (Terapi Radiasi)

Sekitar enam puluh persen dari pasien kanker diobati dengan radiasi selama wakt di dapati penyakit tersebut.
Terapi radiasi adalah pengobatan yang aman dan efektif untuk pasien dari segala usia, termasuk anak-anak dan orang tua.
Radioterapi adalah pengobatan lokal dimana, akurat dihitung, sejumlah kecil radiasi seperti sinar-x, sinar gamma dan radiasi lainnya , menghancurkan sel-sel kanker. Radioterapi adalah cara yang efektif tanpa rasa sakit untuk mengobati kanker banyak, di hampir setiap bagian dari tubuh.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat anti-kanker (sitotoksik) untuk menghancurkan sel kanker. Pengobatan kemoterapi bisa dapat hanya gunakan satu jenis obat atau beberapa rezim campuran obat. Kemoterapi dapat digunakan untuk mengobati kanker secara sendirian atau bersamaan dengan operasi atau radioterapi.
Obat kemoterapi bekerja dengan mengganggu kemampuan sel kanker untuk membelah dan bereproduksi sendiri. Sebagai obat yang dibawa dalam aliran darah, mereka bisa mencapai sel kanker di seluruh tubuh.
Jenis pengobatan yang diberikan tergantung pada banyak faktor, terutama jenis kanker, di mana dalam tubuh itu dimulai, apa yang terlihat seperti sel-sel kanker di bawah mikroskop dan seberapa jauh mereka telah menyebar.

Apa yang tercapai dari Pengobatan tersebut ?

Tergantung pada jenis kanker dan tahap perkembangannya, radioterapi operasi, dan kemoterapi dapat digunakan sendiri atau dalam kombinasi:
  • Untuk menyembuhkan kanker
  • Untuk mencegah penyakit dari penyebaran
  • Untuk memperlambat pertumbuhan kanker
  • Untuk membunuh sel kanker yang mungkin telah menyebar ke bagian lain dari tubuh dari Tumor asli.
  • Untuk meredakan gejala yang tidak menyenangkan yang mungkin disebabkan oleh kanker, misalnya : rasa nyeri atau kesulitan menelan.

Kanker Payudara

Dalam dekade terakhir telah terjadi peningkatan tajam dalam jumlah perempuan didiagnosa menderita kanker payudara, tidak hanya di Malaysia tetapi di seluruh dunia.
Hal ini disebabkan penuaan umum dari penduduk dunia dan sebagai akibat dari perubahan dalam gaya hidup kita dan lingkungan.
Karsinoma payudara merupakan penyakit paling umum disebut yang di rawat dan di rujuk ke rumah sakit kanker Mount Miriam jumlanhnya sekitar 27 % dari semua kasus wanita.
Tidak ada keraguan bahwa kejadian kanker payudara meningkat. Misalnya, 202 (202) pasien baru dengan kanker payudara dirujuk ke Rumah Sakit Kanker Mount Miriam untuk pengobatan pada tahun 1996, dibandingkan dengan seratus empat puluh enam (146) pasien pada tahun 1990 dan delapan puluh sembilan (89) pasien dalam 1986, menunjukkan kenaikan dua kali lipat dalam insiden. Tren ke atas diperkirakan akan terus berlanjut dan tetap konsisten dalam dekade berikutnya dan seterusnya.

Gejala Kanker Payudara

Pada kebanyakan wanita adalah kanker payudara pertama kali melihat sebagai benjolan di payudara.
Tanda lain yang harus diperhatikan meliputi:

PAYUDARA:

  • Perubahan ukuran atau bentuk
  • Dimpling kulit
  • Benjolan atau penebalan

Puting:

  • Darah kotor debit
  • Menjadi terbalik
  • Benjolan atau penebalan

ARM:

  • Pembengkakan di ketiak
Semakin dini kanker payudara terdeteksi, didiagnosis dan diobati, semakin baik kesempatan pemulihanya dam peyembuhan setelah selesai pengobatan.

Setelah Pengobatan Selesai

Peran penting dari tindak lanjut klinik setelah pengobatan selesai, harus ditekankan.
Follow-up klinik memiliki tujuan yang pasti:
  • Untuk perawatan pasien terus, misalnya, perawatan lebih lanjut mungkin, atau eksisi pertumbuhan masih mungkin.
  • Memberikan jaminan pasien. Para pasien dan anggota keluarga membangun hubungan dengan tim Onkologi. menghadiri secara teratur untuk meyakinkan bahwa penyakit itu berada di bawah kontrol, dan gejala baru akan diselidiki dan diberikan pengobatan yang tepat.
  • Untuk menilai hasil pengobatanya
  • Untuk mendeteksi kekambuhan awal penyakit dan mengobati secara teratur.

Kesimpulan

Kanker terus menjadi masalah kesehatan utama, tidak hanya di Malaysia, tapi di seluruh dunia. Saat ini salah satu penyakit yang lebih serius yang mempengaruhi umat manusia hari ini. Ini mempengaruhi semua segmen masyarakat tanpa memandang jenis kelamin, usia atau ras.
Insiden kanker akan terus meningkat di masa depan, karena penuaan umum dari populasi dunia, dan sebagai konsekuensi dari perubahan dalam cara kita hidup dan lingkungan.
Deteksi dini kanker dan Kesadaran Masyarakat tentang kanker meningkat adalah faktor yang sangat penting terhadap keberhasilan perawatan dan penyembuhan kanker.

 http://www.mountmiriam.com

No comments:

Post a Comment