Thursday, February 6, 2014

BRACHYTERAPI

Apa Brakiterapi?

Brakiterapi adalah terapi radiasi internal yang diterapkan secara sementara, sering melalui penggunaan kateter ke dalam dimana sumber radioaktif ditempatkan. Bahan radioaktif ditempatkan di dalam tubuh dan diposisikan dalam cara yang paling efektif mengobati penyakit. Di Rumah Sakit Kanker Mount Miriam, dapat dilakukan dengan mesin bracytherapy HDR ( High Dose Rate Remote Radiotherapy)

Berapa lama radiasi yang terakhir?

Menggunakan mesin HRD, sumber radioaktif benar-benar dihapus setelah prosedur telah selesai. Berbeda dengan LDR (dosis mesin tingkat rendah) biasanya melibatkan rawat prosedur di mana pasien berbaring di tempat tidur selama beberapa hari sementara sumber radioaktif berperan mengobati penyakit.

Berapa lama waktu pemulihan setelah prosedur?

Seperti dengan semua prosedur medis, waktu pemulihan bervariasi oleh pasien, meskipun penggunaan brachytherapy sebagai pilihan pengobatan mengurangi waktu pemulihan. Pasien bisa melanjutkan berjalan dalam beberapa jam dari prosedur dan kegiatan normal lainnya dalam beberapa hari, sebagian karena sifat invasif minimal dari prosedur.

Apa manfaat brachytherapy?

Manfaat brachytherapy bervariasi tergantung pada pasien, prioritas dan preferensi meskipun sebagai metode pengobatan minimal invasif manfaat menghindari operasi bersifat universal. Ini termasuk waktu pemulihan lebih cepat, sedikit waktu yang dihabiskan di rumah sakit dan mengurangi risiko infeksi pasca operasi. Manfaat menggunakan brachytherapy dalam pengobatan kanker prostat tahap awal cukup berkesan. Ada juga kejadian yang jauh lebih rendah dari impotensi dan inkontinensia yang terjadi dengan prostatectomy radikal.
Dalam kasus kanker payudara pengobatan radiasi tradisional berikut lumpectomy berlangsung enam minggu, dengan cicilan harian diberikan di rumah sakit atau klinik, sedangkan pengobatan brachytherapy berlangsung selama 5 hari. Karena kenyamanan tinggi brachytherapy, perempuan lebih cenderung untuk berpartisipasi dalam terapi adjuvant, mengurangi risiko kekambuhan dan dari kebutuhan yang mungkin untuk mastektomi sehingga meningkatkan konservasi payudara.

Apakah itu efektif?

Brachytherapy telah terbukti efektif dalam pengobatan berbagai jenis kanker dan pasien sering menderita efek samping yang lebih minimum dibandingkan dengan rawatan terapi radiasi eksternal atau operasi yang dijalankan.
Brachytherapy digunakan untuk mengobati kanker di seluruh tubuh, termasuk:
  • Kanker prostat
  • Kanker serviks
  • Kepala dan leher
  • Kanker Nasofaring
  • Kanker payudara
  • Kanker paru-paru
  • Rahim
  • Soft-Tissue sarkoma
  • Kulit sarcoma
 http://www.mountmiriam.com

No comments:

Post a Comment