Wednesday, January 15, 2014

Apa itu X-Ray


 X_ray1.jpg

Rasanya kurang enak ngobrolin xray tapi tidak tahu apa itu xray. Xray atau sinar-X lebih akrab dikenal dengan kata xray. Menurut wikipedia indonesia, xray merupakan salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 pikometer (mirip dengan frekuensi dalam jangka 30 PHz to 60 EHz). Sinar-X umumnya digunakan dalam diagnosis gambar medis dan Kristalografi sinar-X. Sinar-X adalah bentuk dari radiasi ion dan dapat berbahaya.
Bagaimana cara kerja xray?
Xray memperlihatkan xray sebagai bentukan pola segitiga yang teratur seperti yang dihasilkan pada tititk fokus. Hal ini memberikan tujuan yang baik dalam hal penekanan tentang kerja radiasi xray diluar tabung. Tetapi radiasi sebenarnya tidak seperti itu, sebenarnya xray itu seperti cahaya tampak yang dalam.
Penyebarannya dari sumber melalui suatu garis lurus yang menyebar ke segala arah kecuali dihentikan oleh bahan penyerap xray. Karena alasan tersebut maka tabung xray ditutup dalam satu rumah tabung logam yang mampu menghentikan sebagian besar radiasi xray. Hanya xray yang berguna yang dibiarkan keluar dari tabung melalui sebuah jendela/window.
Xray yang berguna tadi disebut sebagai berkas primer. Berkas sinar yang terletak pada tengah garisnya ini disebut central xray. Diperlukan pembangkitan tegangan yang tinggi di dalam tabung xray agar dapat dihasilkan berkas xray. Rangkaian listriknya dirancang sedemikian rupa sehingga kV-nya dapat diubah dalam rentang yang besar - biasanya 30 kV sampai 100 kV- atau lebih. Bila kV yang lebih rendah digunakan, maka xray memiliki panjang gelombang yang lebih panjang dan lebih mudah diserap sehingga disebut sebagai soft xray. Harus dipahami bahwa berkas xray itu terdiri dari sinar dengan panjang gelombang yang berbeda. Radiasi yang dihasilkan pada rentang kV yang lebih tinggi akan memiliki energi yang lebih besar dan panjang gelombang yang lebih pendek.
Pada bidang apa pengaplikasian xray?

Pengaplikasian xray pertama kali di pergunakan pada sektor pengamanan dan penjagaan. Umumnya dieksplorasikan pada pengamanan gedung pemerintahan, mall, hotel, lingkungan pelatihan militer, apartemen, bandara, pelabuhan dll. oleh karena itu sensor sinar-X sangan membantu dalam proses deteksi dan indentifikasi. 

  http://www.xrayindonesia.com/article/detail/9/apa-itu-xray

No comments:

Post a Comment